TERUSAN PANAMA PERLINTASAN LAUT SINGKAT ANTARA ATLANTIK - PASIFIK

INFORMASINOW.COM    

byMcDonalDBiunG,      M  i   n  g  g  u,     2   3     J    u    n    i     2   0   2   4



PaKPauluSInhutanIManadOLegendS@
Niat untuk membuat sebuah terusan di Tanah Genting Panama
  pertama kali dicetuskan oleh  Raja Charle V  dari  Spanyol pada tahun  1524 untuk mempermudah lewatnya kapal,  terutama yang membawa  emas.   Walaupun sudah ada hasil survei dan rencana  pada tahun 1529,  keadaan  politik  dan teknologi di Eropah  pada saat  itu masih belum memungkinkan.   Setelah  berbagai macam cara yang tidak melewati laut   (Kereta api)  gagal atau dinilai kurang efektif, rencana  pembangunan terusan mencuat kembali.   Didorong dengan selesainya  Terusan Suez,  oleh  Prancis   di bawah pimpinan  "Ferdinand de Lesseps  mulai membangun terusan pada  01 Januari 1880 namun terhenti karena penyakit pada tahun  1893.

Pembangunan dilanjutkan oleh  Amerika Serikat di bawah pimpinan Theidore Roosevelt  pada tahun  1904   setelah  AS membantu Panama  merdeka dari  Kolombia  dengan imbalan  kontrol   daerah terusan.   Pembangunan kanal oleh Amerika Serikat ini dimulai pada  04  Mei  1904.    Berbagai  upaya dilaksanakan untuk mengatasi masalah  dan akhirnya kanala dibuka pada  15  Agustus 1914 dengan lewatnya kapal Ancon.   Terusan ini serta daerah  disekitarnya  dikontrol oleh  Amerika Serikat  sampai  31  Desember 1999  setelah  Presisden AS Jimmy Carter  menandatangani  Traktat Torrijos - Carter  pada   07  September 1977.   Sekarang, terusan ini dikontrol oleh Otoritas Terusan Panama.

Terusan Panama  : (Canal de Panamá) adalah jalur air buatan sepanjang 82 kilometer (51 mil) di Panama yang menghubungkan Samudra Atlantik  dengan Samudra Pasifik,  melintasi Tanah Genting Panama  dan merupakan jalur  perdagangan maritim.  Pintu air di setiap ujungnya mengangkat kapal ke Danau Gatun, danau air tawar buatan setinggi 26 meter (85 kaki) di atas permukaan laut, yang dibuat dengan  membendung Sungai Chagres dan Danau Alajuela untuk mengurangi jumlah pekerjaan  penggalian yang diperlukan untuk kanal tersebut  dan kemudian menurunkan kapal-kapal di ujung yang lain. Rata-rata 200.000.000 L (52.000.000 gal AS) air tawar digunakan dalam satu kali lintasan kapal.   

“Spesifikasi teknis”

Panjang,  82 km (51 mil) dan Panjang kapal maksimum 366 m (1.200 ft 9 in),  Lintang maksimum  49 m (160 ft 9 in) (awalnya 28,5 m or 93 ft 6 in),  Sarat air maksimum  15,2 m (50 ft),  Tinggi sarat maksimum  57,91 m (190,0 ft),   Jumlah pintu air  3 kunci ke atas, 3 ke bawah per transit;  ketiga jalur  (3 jalur kunci).    Status  Terbuka, perluasan dibuka 26 Juni 2016,  dan Otoritas navigasi,  Otoritas Terusan Panama.

“Sejarah”

Rekayasawan  :   Ferdinand de Lesseps, John Findley Wallace  (1904–1905), John Frank Stevens (1905–1907), George Washington Goethals  (1907–1914).   Mulai dibangun  :   04 Mei 1904; 120  tahun lalu.    Selesai  :   15 Agustus 1914; 109 tahun  lalu.    Dipanjangkan  :   26  Juni 2016; 7 tahun lalu. 

“Geografi”

Titik awal - Samudra  Atlantik dan  Titik akhir - Samudra Pasifik.    Terhubung dengan  :  Teluk Panama di Samudra Pasifik dari Laut Karibia Samudra Atlantik dan  sebaliknya.    Jalan pintas Terusan Panama  sangat mengurangi waktu bagi kapal untuk melakukan perjalanan antara Samudra  Atlantik dan Pasifik, memungkinkan mereka untuk menghindari rute yang panjang dan berbahaya di sekitar ujung paling selatan Amerika Selatan melalui Selat  Drake atau Selat Magellan.  Ini adalah salah satu proyek rekayasa terbesar dan tersulit  yang pernah dilakukan.

Rencana pembangunan terusan ini  sudah mulai muncul  pada  tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya  dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor,  dan  kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal  menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.

Tahun 2007 lalu, Terusan Panama mulai diperluas.  Walau masing-masing dam memiliki panjang 305 m dan lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa  bagi kebutuhan pada tahun 1914,  ukuran ini sudah tidak cocok untuk kapal-kapal  tanker raksasa maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar AS  masa kini.   Kapal pesiar  “Queen Elizabeth 2″  misalnya,  saat melewati kanal, hanya terpaut 75 cm dari sisi badan  kapal hingga dinding dam di kedua sisinya. Kapal tempur AS “New Jersey”  menyisakan ruang tidak sampai 25 cm di kedua sisinya.


" Terusan adalah suatu jalur perlintasan yang mempersingkat perjalanan ",

   S       a       i       d         b     y             PaKPauluSInhutanIManadOLegendS@


Komentar

Postingan populer dari blog ini

OLIMPIADE KE-33 PARIS 2024 DENGAN BIAYA Rp 133,22 TRILIUN, DAN JIN BTS PEMBAWA OBOR.

PANAS PEMILU TURKI !! OPOSISI MENANG - ERDOGAN KALAH, BENTROKAN SENJATA

SEJARAH ROMANTIS AWAL TERCIPTANYA BECAK DAN HADIRNYA DI INDONESIA