TERUSAN PANAMA PERLINTASAN LAUT SINGKAT ANTARA ATLANTIK - PASIFIK
INFORMASINOW.COM
byMcDonalDBiunG, M i n g g u, 2 3 J u n i 2 0 2 4
Pembangunan dilanjutkan oleh Amerika Serikat di bawah pimpinan Theidore Roosevelt pada tahun 1904 setelah AS membantu Panama merdeka dari Kolombia dengan imbalan kontrol daerah terusan. Pembangunan kanal oleh Amerika Serikat ini dimulai pada 04 Mei 1904. Berbagai upaya dilaksanakan untuk mengatasi masalah dan akhirnya kanala dibuka pada 15 Agustus 1914 dengan lewatnya kapal Ancon. Terusan ini serta daerah disekitarnya dikontrol oleh Amerika Serikat sampai 31 Desember 1999 setelah Presisden AS Jimmy Carter menandatangani Traktat Torrijos - Carter pada 07 September 1977. Sekarang, terusan ini dikontrol oleh Otoritas Terusan Panama.
Terusan Panama : (Canal de Panamá) adalah jalur air buatan sepanjang 82 kilometer (51 mil) di Panama yang menghubungkan Samudra Atlantik dengan Samudra Pasifik, melintasi Tanah Genting Panama dan merupakan jalur perdagangan maritim. Pintu air di setiap ujungnya mengangkat kapal ke Danau Gatun, danau air tawar buatan setinggi 26 meter (85 kaki) di atas permukaan laut, yang dibuat dengan membendung Sungai Chagres dan Danau Alajuela untuk mengurangi jumlah pekerjaan penggalian yang diperlukan untuk kanal tersebut dan kemudian menurunkan kapal-kapal di ujung yang lain. Rata-rata 200.000.000 L (52.000.000 gal AS) air tawar digunakan dalam satu kali lintasan kapal.
“Spesifikasi teknis”
Panjang, 82 km (51 mil) dan Panjang kapal maksimum 366 m (1.200 ft 9 in), Lintang maksimum 49 m (160 ft 9 in) (awalnya 28,5 m or 93 ft 6 in), Sarat air maksimum 15,2 m (50 ft), Tinggi sarat maksimum 57,91 m (190,0 ft), Jumlah pintu air 3 kunci ke atas, 3 ke bawah per transit; ketiga jalur (3 jalur kunci). Status Terbuka, perluasan dibuka 26 Juni 2016, dan Otoritas navigasi, Otoritas Terusan Panama.
“Sejarah”
Rekayasawan : Ferdinand de Lesseps, John Findley Wallace (1904–1905), John Frank Stevens (1905–1907), George Washington Goethals (1907–1914). Mulai dibangun : 04 Mei 1904; 120 tahun lalu. Selesai : 15 Agustus 1914; 109 tahun lalu. Dipanjangkan : 26 Juni 2016; 7 tahun lalu.
“Geografi”
Titik awal - Samudra Atlantik dan Titik akhir - Samudra Pasifik. Terhubung dengan : Teluk Panama di Samudra Pasifik dari Laut Karibia Samudra Atlantik dan sebaliknya. Jalan pintas Terusan Panama sangat mengurangi waktu bagi kapal untuk melakukan perjalanan antara Samudra Atlantik dan Pasifik, memungkinkan mereka untuk menghindari rute yang panjang dan berbahaya di sekitar ujung paling selatan Amerika Selatan melalui Selat Drake atau Selat Magellan. Ini adalah salah satu proyek rekayasa terbesar dan tersulit yang pernah dilakukan.
Rencana pembangunan terusan ini sudah mulai muncul pada tahun 1500-an namun baru dibuka pada 15 Agustus 1914. Walaupun pembangunannya dilanda berbagai masalah seperti penyakit malaria, demam kuning, bencana tanah longsor, dan kekurangan air, terusan ini telah membantu 800.000 kapal menyeberang sejak pembukaannya atau 12.000 kapal per tahun.
Tahun 2007 lalu, Terusan Panama mulai diperluas. Walau masing-masing dam memiliki panjang 305 m dan lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa bagi kebutuhan pada tahun 1914, ukuran ini sudah tidak cocok untuk kapal-kapal tanker raksasa maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar AS masa kini. Kapal pesiar “Queen Elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, hanya terpaut 75 cm dari sisi badan kapal hingga dinding dam di kedua sisinya. Kapal tempur AS “New Jersey” menyisakan ruang tidak sampai 25 cm di kedua sisinya.
" Terusan adalah suatu jalur perlintasan yang mempersingkat perjalanan ",
S a i d b y PaKPauluSInhutanIManadOLegendS@
Komentar
Posting Komentar